Tips Mengamankan Sepeda Motor Dari Tindak Pencurian

Tips Mengamankan Sepeda Motor Dari Tindak Pencurian

Sebagai pemilik sekaligus pengendara motor, kita tentunya ingin mengusahakan kendaraan roda dua tersebut dalam kondisi aman dan terhindar dari segala peluang tindak pencurian. Namun kita tidak sepenuhnya mengawasi motor dari perilaku kriminal tersebut. Selama ada peluang, para pencuri bisa melakukan aksinya kapan saja. Maka dari itu, kita perlu memperketat kesiagaan dan menyusun siasat agar motor tidak menjadi sasaran pencurian.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan motor mulai dari cara mudah hingga cara lebih kompleks. Hal ini perlu diterapkan agar skenario terburuk tidak terjadi, mengingat kerugian pencurian motor bisa menjadi puluhan – ratusan juta rupiah.

Jika anda mencari tips mengamankan motor, anda berada pada artikel yang tepat. Kami akan menjabarkan ulasnya Berikut Ini:

Biasakan Kunci Stang

Dilansir dari web Suzuki Indonesia, langkah paling sederhana untuk menghindari motor dari Pencurian adalah mengunci stang. Tips ini meningkat keamanan motor hingga 75 % dari orang yang ingin melakukan tindakan kriminal. Motor dengan stang terkunci jelas akan merespon oknum pencuri motor. Motor tidak bisa dipindah-pindahkan seenaknya.

Ada tips ampuh lho dalam menguncinya stang, usahakan untuk mengarahkannya ke kanan. Karena jauh lebih susah dibongkar oleh pencuri. Waktu yang diperlukan untuk membongkar kunci jauh lebih lama dibanding stang dikunci ke arah kiri. Lakukanlah kebiasaan ini ketika memarkirkan kendaraan di fasilitas umum.

Pakai alat pengaman ekstra

Selain membiasakan kunci gembok, hak yang bisa dilakukan untuk pengamanan motor adalah memasang gembok. Alat ini akan memberi keamanan ekstra. Letakkan gembok pada bagian cakram depan motor. Kunci stang + gembok sangat sulit dibongkar maling, apalagi jika mereka melakukan aksinya didepan umum. Jelas akan beresiko untuk maling karena bisa ketahuan.

Memasang gembok bisa dilakukan pada situasi lingkungan umum terutama ketika tidak ada penjagaan satpam. Mungkin satu-satunya cara untuk mencuri motor yang digembok adalah mengangkatnya, tapi jelas cara ini sangat beresiko untuk maling itu sendiri.

Memasang Alarm

Tips menghindarkan motor dari Pencurian berikutnya adalah memasang alarm. Alarm sejauh ini sangat ampuh untuk mendeteksi tindakan pencurian. Alarm bisa bekerja secara otomatis, apabila motor bergerak secara tidak normal, misalnya saat kondisi motor tidak dinyalakan. Jika ini terjadi alarm akan berbunyi sebagai suara yang keras. Maling yang mendengar hal ini pun akan panik dengan hal tersebut. Mereka mungkin saja lari dan tak jadi membawa motor.

Untuk motor tipe baru, fitur alarm ini sudah banyak yang menyediakan, pengendara tinggal mengaktifkannya. Namun untuk motor lawas, jangan khawatir fitur alarm bisa kita dapatkan dengan meminta bantuan bengkel.

Pakailah Motor dengan fitur Keyless Ignition System

Keyless adalah fitur safety yang sudah tersedia dalam motor keluaran terbaru. Teknologi ini memungkinkan sepeda motor bisa dihidupkan tanpa memakai kunci kontak. Sebagai ganti kunci disediakan remote. Fitur juga berguna sebagai fitur anti maling. Ketika remote berjalan lebih dari 1 meter dari kunci kontak, otomotif motor tidak akan bisa dinyalakan. Alhasil resiko Pencurian bisa dikurangi. Angka keamanan teknologi ini mencapai 90 %.

Jika anda membeli motor baru, usahakan memilih motor yang dilengkapi teknologi Keyless Ignition System, karena sangat ampuh untuk mencegah tidak pencurian. Contoh motor dengan Keyless sistem ada: Honda PCX 160, Honda Scoopy, Yamaha Nmax 155, Yamaha Aerox 155 dan masih banyak lagi.

Pakai Cover Motor

Tips amankan motor dalam lingkup indoor/dirumah bisa dengan menggunakan cover. Cover ini berfungsi sebagai penutup, agar motor sulit dilihat oleh Maling. Harga cover motor ini juga relatif terjangkau, antara 25.000 – 60.000, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan.

Motor yang ditutup dengan cover, jelas akan membuat maling kesulitan untuk melakukan aksinya, mereka perlu membuka cover secara cepat dan tanpa meninggalkan suara mencurigakan.

Penutup

Motor adalah alat transportasi penting dalam kehidupan sehari-hari, makanya harus dijaga karena tindak pencurian bisa terjadi kapan saja. Apalagi harga motor sangat mahal, pasti ada oknum yang ingin mendapatkannya dengan cara salah. Menjaga motor ada banyak caranya baik dengan kunci stang, memakai gembok, alarm, membeli motor dengan teknologi Keyless Ignition System hingga memakai cover.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja

Pendaftaran Mitra

Form Pendaftaran Mitra

Anda tertarik menjadi pengusaha dan berkontribusi  memajukan perekonomian keluarga dan Indonesia, bergabunglah bersama kami menjadi mitra REFIX INDONESIA.

Tumbuh dan berkambang bersama-sama untuk sebuah misi mulia.

REFIX INDONESIA

Contact Us

Contact Form

MENU

Kategori Produk