Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Motor

Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Motor Baru

Dengan segala fleksibelitasnya, harga ekonomisnya dan hemat bahan bakarnya, Sepeda Motor memang menjadi pilihan utama alat transportasi di Indonesia. Motor adalah transportasi yang paling banyak penggunanya dibandingkan alat transportasi lain seperti sepeda, mobil hingga bus.

Hal tersebut juga sejalan dengan tingkat penjualan sepeda motor yang selalu tinggi dipasaran. Harganya yang terjangkau ditambah dengan pilihan varian motor yang banyak, membuat konsumen tak bisa beralih dari kendaraan roda dua ini. Baik dalam news ataupun bekas, peminat motor semakin membludak dari waktu ke waktu.

Bagi pembeli motor awam mungkin memiliki pertanyaan tentang bagaimana tips membeli motor yang benar, tapi tenang saja karena kami mengulasnya dalam artikel berikut ini:

1. Pertimbangan Pengalaman

Pengalaman adalah faktor bisa anda pertimbangkan saat membeli sepeda motor. Ada beberapa jenis motor yang memang ramah untuk pengendara pemula namun ada juga jenis motor yang dibuat khusus untuk pengendara yang sudah mahir. Anda perlu tahu soal ini, jika anda adalah pemula, maka akan lebih bijak bila memilih tipe motor yang mudah seperti ( Bebek, matic, Skuter). Karena motor-motor penggunaannya lebih mudah bila dibandingkan motor sport.

Keahlian seorang dalam mengendarai motor umumnya akan naik secara bertahap. Bila sudah dirasa mahir, boleh menggunakan motor sport. Sekali lagi faktor pengalaman adalah hal penting dalam memilih motor yang cocok untuk pengguna.

2. Faktor Medan Yang Dilalui

Ini merupakan faktor yang lebih spesifik, memilih sepeda motor berdasarkan Medan yang ditempuh. Misalnya bila anda tinggal di daerah jalan menanjak, aspal tidak rata tentu tidak cocok bila membeli motor berjenis matic, karena dari segi spesifikasi power dan ground clearance tidak cukup untuk melewati medan tersebut. Untuk tipe jalan menantang akan lebih cocok bila memilih motor bertipe trail, adventure atau dual purpose.

Intinya adalah anda harus bisa membeli tipe motor yang sesuai dengan kebutuhan dan Menjawab masalah transportasi yang anda alami. Memilih motor bukan cuma soal gaya atau tingkat kemahalannya, karena kalau tidak cocok dengan tantangan lokasi disekitar anda, maka motor tersebut tidak bisa bekerja maksimal.

3. Model Bodi

Selain faktor fungsional, anda juga bisa memilih motor berdasarkan faktor selera. Anda perlu tahu tentang jenis-jenis motor yang ada dipasaran. Ada harus mengenali karakteristik setiap motor, untuk mengetahui selera yang anda inginkan:

  1. Motor Bebek
    Ini adalah jenis motor yang paling banyak dimiliki masyarakat. Motor bebek memiliki 2 jenis transmisi dengan bentuk bodi yang minimalis, kapasitas mesin sedang namun memiliki tenaga yang tangguh. Motor bebek bisa diajak untuk melewati berbagai Medan. Masyarakat menyukai motor jenis ini juga karena irit bahan bakar.
  1. Motor Matic
    Motor matic juga merupakan primadona masyarakat Indonesia selain motor bebek. Jenis motor ini fleksibel, bisa dipakai untuk aktivitas harian seperti bekerja, bersekolah atau berlibur. Bagi yang tinggal diarea padat lalu lintas, tentu akrab dengan macet. Nah motor matic ini bisa jadi pilihan karena bisa dihidupkan tanpa menggunakan starter. Selain itu motor matic juga dikenal sebagai motor estetik yang digemari anak muda.
  1. Motor Sport
    Ini adalah tipe motor dengan spesifikasi fajar yang cocok untuk anda yang ingin tampil gagah. Motor jenis ini biasanya didesain dengan body, akselarasi, dan penggunaan bahan bakar yang besar. Hal ini memang diperlukan karena motor sport kerap dipakai untuk touring jarak jauh dan melewati medan menantang. Kapasitas motor sport berkisar antara 150cc – 1000cc.
  1. Motor Trail
    Motor trail lebih banyak dibeli sebagai motor koleksi dan hanya dipakai untuk melewati jalan menanjak seperti lereng gunung dan sejenisnya. Bobot motor ini terbilang ringan untuk menunjang manuver. Namun dari segi torsi, motor trail memiliki ukuran yang besar.

Penutup

Motor adalah alat transportasi yang penting untuk dimiliki, secara harga dan fleksibelitas sangat cocok dengan karakter masyarakat Indonesia. Namun perlu diperhatikan untuk memilih motor tidak boleh sembarangan. Harus dipikirkan dari faktor pengalaman, tantangan lokasi hingga selera yang diinginkan calon pengendara, sekian tips Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Motor Baru, semoga membantu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja

Pendaftaran Mitra

Form Pendaftaran Mitra

Anda tertarik menjadi pengusaha dan berkontribusi  memajukan perekonomian keluarga dan Indonesia, bergabunglah bersama kami menjadi mitra REFIX INDONESIA.

Tumbuh dan berkambang bersama-sama untuk sebuah misi mulia.

REFIX INDONESIA

Contact Us

Contact Form

MENU

Kategori Produk